PMI CILEGON SIAPKAN 6000 LITER CAIRAN DISINFEKTAN

PMI CILEGON SIAPKAN 6000 LITER CAIRAN DISINFEKTAN

CILEGON.- Sesuai hasil rapat koordinasi lintas sektoral pada Senin (16/03/2020), PMI Kota Cilegon hari ini, Rabu (18/03/2020) akan memulai produksi cairan disinfektan sebanyak 6.000 liter yang nantinya akan didistribusikan ke seluruh dinas/instansi/lembaga yang masuk Gugus Tugas Covid-19 Kota Cilegon.

“Pembuatan disinfektan dimulai hari ini. Pembuatannya diarahkan oleh Dinas Kesehatan agar sesuai dengan anjuran dari Kementerian Kesehatan., Selain Dinas Kesehatan hadir juga dari Forum Kota Sehat dan PDAM Cilegon Mandiri,” kata Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis.

Dijelaskan, PMI Kota Cilegon telah menyediakan 100 unit alat semprot dengan kapasitas kapasitas 5 liter dan 220 unit jerigen berkapasitas 30 & 20 Liter untuk digunakan sebagai sarana penyemprotan nanti. Alat semprot tersebut juga akan dibagikan ke kantor-kantor pelayanan, seperti kelurahan dan kecamatan.

Cara Mudah Membuat Disinfektan

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Evelyn Yolanda mengatakan Disinfektan dibuat dengan menggunakan air dan campuran natrium hipoklorit (NaClO) yang terkandung pada bahan pemutih pakaian dengan komposisi yang telah ditentukan Kementerian Kesehatan RI. “Bahan pembuat disisfektan yang terkandung pada bahan pemutih pakaian ini dapat dengan mudah ditemukan di warung-warung tradisional maupun minimarket,” katanya.

Yolanda menambahkan, selain disinfektan, masyarakat juga bisa membuat sendiri pembersih tangan (hand sanitizer) dengan bahan yang mudah ditemukan. Bahan-bahan tersebut adalah alkohol 70 persen, glycerol (C3H8O3), air, aloe eera [bahan pelembap kulit], dan pewangi [sesuai selera].

“Alkohol 70 persen itu kalau kena kulit terus menerus membuat kulit kita kering, jadi aloe vera itu buat pelembapnya,” tuturnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.